Monday, May 6, 2013

Buletin Entuyut, Sebuah Cerita Sejarah (2)

Perbaikan dan upaya memajukan buletin juga terus dilakukan. Mulai dengan mengupayakan agar selalu terbit tepat waktu, membuka akun di sosial media dan microblog, hingga membuat laman blogletin ini.

Blogletin ini adalah ruang pendukung untuk memperluas jangkauan distribusi buletin versi cetak. Bagaimanapun keterbatasan dana dan kesiapan personel masih menjadi salah satu kendala yang perlu dibenahi. Tapi dengan semangat kesederhanaan, blog ini diharapkan mampu menjadi salah satu ruang ekspresi yang menjembatani gap antara mimpi dan kenyataan yang harus dihadapi.

Ada dua hal utama yang ingin dicapai oleh redaksi Buletin Entuyut melalui blogletin ini. Pertama, redaksi ingin menyapa lebih banyak pembaca dengan buletin ini. Kedua, redaksi ingin membuka ruang bagi publik lebih khusus para kontributor agar setiap orang bisa berpartisipasi mengisi buletin. Harapannya, suatu saat nanti, Buletin Entuyut benar-benar menjadi suara konservasi Kalimantan Barat.

Target pertama sudah mulai tercapai. Paling tidak pada saat peluncuran blogletin ini sudah ada pembaca yang mengakses blogletin ini dari Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jerman. Itu yang digambarkan oleh statistik blogger.com. Semoga itu bukan para pengguna di Indonesia yang menggunakan server/ip addres dari luar negeri, tapi benar-benar para pengguna yang mengakses dari tempat domisili mereka. Artinya, semakin hari Buletin Entuyut semakin mampu menjangkau lapisan masyarakat yang lebih luas.

Selain menjaga agar tujuan pertama selalu tercapai, blogletin berusaha untuk mematik keinginan dari pengguna internet untuk berpartisipasi menulis dalam blogletin ini. Tentu, meskipun Buletin Entuyut adalah media komunikasi Balai KSDA Kalimantan Barat, tidak menutup kemungkinan untuk para kontributor dari wilayah lain untuk ikut menyumbang dan berpartisipasi dalam mengisi ruang-ruang blogletin.

Jadi zonder jeri untuk mengisi blogletin ini. Memang blogletin ini tidak diperuntukkan semata-mata untuk mengisi versi cetak Buletin Entuyut. Fungsi blogletin ini sengaja dibedakan. Bila ruang tulisan dan kontribusi pada versi cetak sangat terbatas maka dalam blogletin ini setiap orang diberi ruang seluas-luasnya untuk menyumbangkan ceritanya. Tentu materi yang akan ada dalam versi cetak akan berbeda dengan yang termuat dalam blogletin ini. Tapi itulah yang diidam-idamkan.

Karena disinilah para pembaca dan segenap kontributor memiliki kebebasan untuk menulis. Panjang, pendek, ringan, berat, padat, bertele-tele, apapun itu...mari! Silahkan berekspresi sepuas-puasnya, tentu dengan catatan bahwa para pengelola blogletin ini akan tetap menseleksi mana-mana tulisan yang layak publikasi berkaitan dengan materi dan isi yang tidak meninggalkan asas bebas bertanggungjawab, sopan, bebas SARA, dan tidak mengandung materi pornografi maupun materi lain yang dilarang.

Inilah cerita tentang Buletin Entuyut dengan blogletinnya. Suara Konservasi Kalimantan Barat. Suara yang diharapkan menyebar luas dan menjadi corong yang lantang untuk pelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistem Kalimantan Barat. Tabik!

No comments:

Post a Comment